Pages

Ads 468x60px

Minggu, 28 Desember 2014

Film The Look Of Silence “Senyap”


Film ini menceritakan tentang sejarah pembantaian PKI yang diperankan oleh Adi Rukun sebagai tokoh utama, Bagi ibunya Adi adalah sebuah penghiburan yang diberikan Tuhan kepada Ibu yang kehilangan anaknya yaitu Ramli kaka dari Adi Rukun. Ramli adalah salah satu orang yang dituduh terlibat dalam organisasi “terlarang” atau PKI yang dibunuh dengan kejam. Adi yang belum pernah bertemu dengan kakaknya pun mencari tahu siapa para pelaku pembunuh kakaknya, mengharapkan jawaban "maaf" dari para pelaku yang sudah mencabut nyawa kakaknya. dengan menawarkan jasa pembuatan kaca mata kemudian mencoba mengorek informasi dari pelaku-pelaku sejarah yang semuanya telah berusia lanjut tersebut. Hampir semua dari mereka mengakui dan menceritakan dengan lancar bagian demi bagian pembunuhan besar-besaran itu.


Yang gue tangkap di film ini tujuan utama Adi mendatangi dan mengorek informasi dari para pelaku pembunuhan kakanya adalah hanya sebauh kata “maaf”, tapi pada keyataanya lebih sulit untuk menerima maaf ketimbang meminta maaf. Raut wajah Adi yang getir saat dia menyaksikan para pembunuh yang dengan bangga memperagakan pembunuhan para anggota PKI sudah menggambarkan suasana hati Adi yang marah, sedih, dan kesal. Berkali-kali kamera menyorot wajah Adi yang kecewa saat ia menyaksikan para pelaku bercerita sambil tertawa dan bangga. Walaupun tidak ada gambar nyata pembunuhan-pembunuhan sadis yang terjadi tetapi Film ini mampu menampilka tokoh-tokoh yang menceritakan proses pembunuhan yang membuat gue sebagai penonton membayangkan dan bisa merasakan betapa kejamnya pembunuhan itu.


Film Senyap makin menegangkan saat Adi berbincang dengan para pelaku yang bertanggung jawab dibalik insiden pembunuhan kakaknya. Para pelaku bercerita tentang betapa bangganya mereka membunuh para anggota PKI kepada Adi. Namun semua berubah drastis saat Adi berkata: "Saya adik Ramli, adik orang yang kalian bunuh." seketika raut wajah para pelaku berubah, seakan bingung dan takut dan mereka pun mencari-cari alasan kalau mereka tidak bertanggung jawab atas hilangnya nyawa Ramli, mereka beralasan  kalau mereka melakukan kewajiban negara, mereka beralasan kalau mereka memberantas para kaum yang tidak beragama. Sementara saat mereka terus memberi alasan, Adi hanya memperhatikan mereka dengan tatapan kecewa dan sedih.

Senyap bisa membuat penonton terhubung langsung dengan filmnya karna didukung dengan visual espresi dari para tokoh yang ada didalam film tersebut, gue salut banget sama semua orang yang turut bekerja di pembuatan film ini, terutama si tokoh utama Adi Rukun. Apa yang udah Adi lakukan adalah sebuah tindakan yang sangat berani yang membuka mata setiap orang yang menontonnya. Tatapan mata Adi yang tajam dan yakin di sepanjang film seolah-olah mengatakan bahwa apa yang sudah berlalu tidak bisa berlalu begitu saja. Apa yang berlalu mesti dipertanyakan, apa yang berlalu mesti dipertanggungjawabkan, dan apa yang berlalu tidak bisa begitu saja dilupakan. Dan film ini bikin gue jadi tertarik dengan cerita-cerita sejarah lainnya.

0 komentar:

 

Playlist

 
Blogger Templates