Pages

Ads 468x60px

Senin, 29 September 2014

Analisis Struktur Program Siaran "Entertainment News" di NET TV

  • Sekilas Tentang Program Entertaiment News

Entertaiment News merupakan program berita hiburan berformat infotaiment yang menyuguhkan berita atau informasi menarik dari dunia entertainment, di dalam dan luar negeri berdasar pada fakta dan informasi. Program ini juga membahas berita dari dunia musik, film, fashion, seni, biografi, dan event-event.

Program yang ditayangkan senin-jumat 9:00-10.00 WIB & setiap hari 11:00-12:00, 18:00-19.00 & 23:00-00:00 di saluran televisi Net TV ini sangat menonjolkan program “Entertainment News” yang dibawakan oleh dua orang pembawa acara dengan menyajikan berbagai informasi mengenai dunia entertainment yang menekankan informasi yang disampaikan adalah fakta atau “no gossip” dan setiap informasi yang disajikan dikemas secara singkat dan disertakan dengan wawancara langsung dari narasumber yang terkait.

Dalam materi pembahasan tentang Format Acara Televisi pada mata kuliah Jurnalistik Online, program acara Entertaiment news dapat di kategorikan kedalam acara infotaiment, karena sebagian besar informasi yang disampaikan adalah informasi seputar selebriti.

  • Analisis Struktur Program Entertaiment News
Struktur program entertainment news adalah menggunakan angle knee shot pada dua pembawa acara, knee shot adalah pengambilan gambar dengan menampilkan bagian lutut sampai kepala objek, hal ini digunakan untuk mempertegak gerak gerik dan ekspresi kedua pembawa acara, selain itu pada saat opening kedua pembawa acara juga menyampaikan slogan yaitu “no gossip” untuk meyakinkan penonton tentang berita yang mereka tayangkan adalah fakta, walaupun pada kenyataannya masih ada beberapa informasi seputar selebriti yang masih mengarah ke gosip.

Program entertainment news ditayangkan setiap hari dan tiga kali dalam sehari dalam waktu atau jam-jam yang strategis untuk disaksikan oleh banyak masyarakat, karena waktu yang dipilih adalah waktu dimana banyak orang yang beristirahat sehingga memungkinkan untuk orang menyaksikan acara tersebut.Acara tersebut dibawakan oleh dua pembawa acara yang berbeda-beda setiap jam tayangnya, dan dibawakan dengan santai melalui diskusi-diskusi kecil mengenai pemberitaan yang disampaikan, hal tersebut untuk mengurangi kejenuhan para khalayak yang menyaksikan.





Pengambilan gambar pada acara ini menggunakan single kamera dimana kamera dan sudut pengambilan gambar sama sekali tidak berubah dari awal acara dimulai hingga selesai. entertaiment news tidak hanya menampilkan berita seputar selebriti tetapi juga banyak konten-konten lainya dengan pengemasan yang modern dan disesuaikan dengan minat anak-anak muda sekarang, sehingga membuat acara ini menjadi lebih menarik.

  • Kesimpulan
Acara entertaiment news dibawakan oleh dua pembawa acara satu laki-laki dan satu perempuan, degan pengambilan gambar knee shot pada dua pembawa acara yaitu pengambilan gambar dengan menampilkan bagian lutut sampai kepala objek, hal ini digunakan untuk mempertegak gerak gerik dan ekspresi kedua pembawa acara, dan acara ini menggunakan single kamera dimana kamera dan sudut pengambilan gambar sama sekali tidak berubah dari awal acara dimulai hingga selesai.

0 komentar:

 

Playlist

 
Blogger Templates